Introduction

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perangkat percobaan sains juga turut mengalami perkembangan. Di banyak negara, percobaan sains sudah menggunakan alat-alat modern untuk mengatasi berbagai keterbatasan ketika percobaan dilakukan menggunakan alat ukur konvensional. Berbagai keterbatasan tersebut antara lain:

  • Efisiensi waktu dalam percobaan sains di sekolah
    Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam percobaan sains di sekolah adalah efisiensi waktu pembelajaran. Umumnya percobaan sains di sekolah akan memakan waktu cukup lama mulai dari merangkai alat hingga melakukan analisis data.
  • Percobaan yang terlalu cepat
    Beberapa percobaan terlalu cepat untuk diamati menggunakan alat ukur konvensional. Contohnya pada percobaan gerak jatuh bebas dimana benda bergerak sangat cepat.
  • Percobaan yang memakan waktu lama
    Beberapa percobaan membutuhkan waktu pengamatan yang lama, seperti pada pengamatan perkembangan tinggi tanaman.
  • Keterbatasan alat indera manusia
    Salah satu percobaan yang cukup sulit adalah percobaan yang berhubungan dengan suara. Tanpa alat khusus, siswa hanya dapat mengamati gejala yang terdengar secara subjektif, tanpa visualisasi yang jelas dan akurat.
  • Perkembangan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
    Perkembangan teknologi pada saat ini membuat generasi muda terbiasa dalam mengoperasikan alat-alat yang berteknologi terkini dibandingkan alat konvensional. Penggunaan PSBK yang sudah menggunakan teknologi komputer dapat menarik minat para siswa yang memang sudah terbiasa mengoperasikan komputer untuk belajar sains.
  • Penggunaan pemodelan dalam pemecahan masalah sains
    Walaupun masih jarang digunakan di sekolah, banyak ilmuwan di seluruh dunia menggunakan pemodelan untuk menyelesaikan permasalahan yang sulit dipecahkan melalui analisis, contohnya perhitungan populasi tikus.

PSBK menjawab permasalahan dan tantangan percobaan sains dalam dunia pendidikan melalui penggunaan alat-alat modern berbasis komputer.

Karena jumlah dan variasi alatnya terus berkembang dan sudah digunakan di berbagai belahan dunia, Pudak Scientific kini mengembangkan database percobaan PSBK yang bisa diakses oleh pengguna PSBK di seluruh Indonesia. Guru dari berbagai daerah nantinya dapat saling berbagi modul percobaan sehingga dapat saling mendukung proses pembelajaran sesama guru.