Frequently Asked Question - FAQ

Apakah software Coach 6 dapat diinstal pada sistem operasi iOS(Mac)/Linux? Karena di sekolah-sekolah internasional ada yang menggunakan sistem operasi tersebut.
Coach 6 hanya dapat di-instal pada sistem operasi Windows.

Apa kelebihan dari PSBK dan MoLab?

PSBK MoLab
“Terbuka”, dapat diintegrasikan dengan peralatan lab yang sudah ada. “Terbuka”, dapat diintegrasikan dengan peralatan lab yang sudah ada.
Mudah, cepat, dan akurat. Praktis, cocok untuk penggunaan di dalam dan di luar ruangan.
Dapat disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku mulai SD, SMP, hingga SMA. Desain alat yang sederhana dengan program yang mudah digunakan oleh siswa dan guru.
Mudah digunakan oleh siswa maupun guru untuk percobaan yang beragam di bidang fisika, biologi, kimia, dan teknologi. Analisa data dapat dilakukan pada interface.
Pembelajaran multimedia dengan teks, gambar, klip video dan animasi Memiliki  4 input sensor yang dapat mengukur 4 besaran pada saat bersamaan.
Membangkitkan sifat kritis siswa dan pembelajaran aktif dengan “siswa menemukan” Sangat menarik, dapat meningkatkan pemahaman konsep, kreativitas dan sikap kritis siswa dalam proses pembelajaran.

Apa saja perbedaan antara software Coach 6 (Full) dan Coach 6 Lite?

Coach 6 Full Coach 6 Lite
Fungsi analisis data lengkap Fungsi analisis data ada sebagian
Dapat digunakan untuk membuat dan membuka file aktivitas (*.cma) Hanya dapat digunakan untuk membuka aktivitas yang sudah ada
Dapat digunakan untuk membuat dan membuka aktivitas: analisis data video, pemodelan, dan animasi Tidak dapat digunakan untuk membuat dan membuka aktivitas: analisis data video, pemodelan, dan animasi
File master berukuran besar (120 MB) File master berukuran kecil (60 MB)

Apakah software Coach 6 bisa mendukung datalogger yang lain seperti Vernier,Data Harvest dan lainnya?
Software Coach 6 mendukung datalogger berikut: LEGO DACTA, Vernier, dan Texas Instruments

Apa yang harus dilakukan jika sensor atau interface tidak terdeteksi?
Sensor maupun interface sulit terdeteksi jika tidak terhubung dengan baik, periksa kabel penghubung/USB.
Beberapa sensor memerlukan waktu untuk dapat dikenali oleh interface. Tunggu selama 1 menit setelah sensor dihubungkan dengan interface. Jika pada computer/data-logger masih belum terhubung, lakukan langkah berikut:

  • Lepaskan hubungan antara sensor dengan interface, lalu hubungkan kembali.
  • Jika menggunakan CoachLab II/II+, lepaskan sumber daya dari sambungan listrik PLN, lalu pastikan CoachLab terhubung dengan komputer dan kabel penghubungnya terpasang dengan baik. Lalu pasang kembali sumber daya pada sambungan listrik PLN.
  • Klik kanan pada gambar interface di layar komputer, lalu pilih reset hardware, tunggu sesaat.
  • Jika langkah-langkah tersebut diatas belum menyelesaikan masalah, segera hubungi tim teknis Pudak Scientific.

Bagaimana cara kalibrasi sensor jika sudah tidak sensitif lagi?
Sensor yang sudah tidak sensitif dapat dikalibrasi. Langkah-langkah kalibrasi sensor dapat dipelajari pada aktivitas Kalibrasi Sensor - Contoh pada Sensor Gaya.cma. Aktivitas berisi langkah-langkah melakukan kalibrasi sensor menggunakan interface MoLab dengan sensor gaya. Cara yang sama berlaku pada sensor dan interface lainnya. Silahkan untuk mengunduh disini.