News

25-Oct-2015
Antusiasme Guru Biologi dalam Melakukan Percobaan Menggunakan Komputer - 24 Oktober 2015

Perkembangan teknologi tidak bisa dilepaskan dari sains, begitu pula sebaliknya. Berbagai alat berteknologi tinggi terkait sains digunakan di rumah sakit untuk menunjang kegiatan rumah sakit dalam mengobati pasien ataupun di  laboratorium untuk melakukan berbagai penelitian sains. Teknologi sains ini juga patut diperkenalkan kepada siswa-siswi disekolah untuk menunjang pendidikan sains agar sejalan dengan teknologi yang sedang berkembang. Oleh sebab itu, Pudak Scientific menghadirkan Perangkat Sains Berbasis Komputer (PSBK) untuk dapat digunakan di sekolah sehingga percobaan sains menjadi lebih menyenangkan, lebih mudah dilakukan, dan lebih cepat memperoleh data.

Sabtu, 24 Oktober 2015 lalu Pudak Scientific menyelenggarakan pelatihan teknologi sains dengan Judul "Pelatihan Penerapan Media dan Teknologi pada Eksperimen Biologi di SMA", yang dihadiri oleh guru-guru biologi dari berbagai sekolah di Indonesia.

Kegiatan pelatihan diawali dengan penyampaian materi mengenai perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan oleh Bapak Kusnadi M.Si. Beliau adalah salah seorang dosen mikrobiologi dari Universitas Pendidikan Indonesia yang sering memberikan pelatihan di berbagai daerah di Indonesia.

Guru-guru dari berbagai sekolah di Indonesia melakukan percobaan pengukuran kadar oksigen yang dihasilkan tumbuhan dalam proses fotosintesis. Percobaan dilakukan menggunakan alat Percobaan Sains Berbasis Komputer (PSBK).

Pada pelatihan ini para peserta melakukan serangkaian kegiatan praktikum menggunakan alat-alat percobaan yang dioperasikan menggunakan komputer. Dalam pelatihan ini guru-guru biologi yang berasal dari berbagai sekolah di Indonesia melakukan serangkaian kegiatan praktikum menggunakan alat-alat percobaan yang dioperasikan menggunakan komputer. Pengukuran-pengukuran yang diperlukan dalam kegiatan praktikum dilakukan menggunakan sensor dan program Coach 6 sehingga menjadi lebih mudah dan cepat, hasil percobaannya juga dapat dimonitor setiap saat.
Sensor dan komputer digunakan untuk melakukan percobaan-percobaan berikut ini:

  1. Pengukuran kadar oksigen pada percobaan fotosintesis.
  2. Pengukuran kadar oksigen terlarut pada percobaan fotosintesis tumbuhan air.
  3. Pengukuran denyut jantung pada berbagai kondisi dengan mengamati aliran darah di ujung jari, dan menggunakan sensor ECG/EKG.
  4. Penjernihan air menggunakan berbagai bahan sambil mengamati perubahan salinitas, pH, dan turbiditasnya.

 

Baca juga: Perangkat Lunak Komputer Terbaik untuk Percobaan dan Pembelajaran Sains di sekolah.

Keseluruhan kegiatan pelatihan yang dibimbing langsung oleh tim RD dan Technical Support Pudak Scientific ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan penutupan pada pukul 17.00 WIB.

Bagi guru, dosen, atau laboran yang tertarik mencoba langsung alat Percobaan Sains Berbasis Komputer (PSBK), silakan mengikuti pelatihan Pudak Scientific dengan tema Teknologi Sains. Jadwal pelatihan yang diselenggarakan oleh Pudak Scientific dapat dilihat di http://www.pudak-scientific.com/schedule.php.
Tim Pudak Scientific juga menyelenggarakan pelatihan khusus untuk sekolah yang telah menggunakan alat PSBK. Silakan menghubungi Ibu Reliska di alamat email: reliska.nurmalitasari@pudak.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Pudak Scientific.

 

 

 

 

 

Kembali ke halaman sebelumnya