News

07-Apr-2016
Menggunakan Alat Ini Percobaan Sains Bisa Dilakukan Dimanapun?

Setelah meluncurkan piranti antarmuka mobile (data-logger) MoLab yang praktis digunakan untuk semua tingkat pendidikan (SD-SMP-SMA-Universitas) tahun 2012 yang lalu, pada April 2016 Pudak Scientific telah meluncurkan data-logger baru yang mendukung percobaan-percobaan menggunakan banyak sensor untuk tingkat lanjut (SMP-SMA-Universitas). Kali ini data logger yang diberi nama VinciLab muncul dengan dilengkapi layar sentuh untuk memudahkan pengoperasian selama percobaan.

Akan sangat memudahkan guru maupun siswa dalam melakukan percobaan yang membutuhkan pemasangan dua sensor gerak sekaligus seperti pada percobaan tumbukan antara dua kereta; atau yang membutuhkan pengamatan dengan 2 sensor arus dan 2 sensor tegangan sekaligus untuk percobaan rangkaian listrik seri-paralel. Piranti antarmuka ini disebut revolusioner karena tidak lagi membutuhkan komputer untuk pengoperasiannya dan berbagai fitur lainnya termasuk analisis data.

Untuk melakukan percobaan baik outdoor maupun indoor, pengguna akan dimudahkan oleh baterai 4000 mAh yang mampu bertahan untuk pengukuran dalam waktu yang cukup lama. Yang paling menarik adalah data-logger ini sudah disematkan software Coach 6 dengan fitur analisis data yang lengkap. Fitur analisis data yang biasanya hanya dapat dinikmati pada software Coach 6 versi full di komputer, kini bisa diakses pada VinciLab. Anda dapat langsung melakukan analisis terhadap data hasil percobaan tepat setelah percobaan selesai dilakukan.
Apalagi kelebihannya? 6 input sensor BT (4 analog + 2 digital) menjadi hal menarik yang selama ini ditunggu-ditunggu penggunanya.

Masih ada rencana pengembangan lebih lanjut, dalam artikel berikut ini anda dapat melihat seluruh fitur yang dimiliki VinciLab (klik).

 

Kembali ke halaman sebelumnya