News

15-Mar-2017
Penentuan Kadar Asam Cuka dengan Metoda Titrasi Menggunakan Sensor pH untuk Pengambilan Data yang Lebih Cepat.

Percobaan sains berbasis komputer dengan metode titrasi untuk menetukan kadar asam cuka (asam asetat).

Pada percobaan ini dilakukan untuk menentukan kadar asam asetat dalam cuka makanan. Percobaan dilakukan sebagaimana titrasi pada umumnya yakni menggunakan NaOH yang telah di standarisasi dan titik akhir titrasi di tentukan dengan adanya perubahan warna karena kedalam larutan sampel telah ditetesi indikator phenolphthalein. Sampel yang digunakan adalah asam cuka atau asam asetat yang sering digunakan sebagai penambah rasa dalam berbagai makanan. Konsentrasi asam cuka dapet diketahui dari volume NaOH yang digunakan selama proses titrasi.

Hal yang membedakan dengan titrasi pada umumnya adalah penggunaan metode PSBK (Percobaan Sains Berbasis Komputer), untuk melakukan percobaan titrasi dengan metode PSBK diperlukan komputer atau laptop yang sudah terinstal software coach, sensor pH dan Interface sebagai alat penunjang. Selanjutnya lakukan tittasi sebagai mana mestinya, dengan memasukan sensor kedalam erlenmeyer. Terdapat berbagai cara dalam pengambilan data menggunakan PSBK dalam praktikum titrasi. Cara yang digunakan dalam pengambilan data adalah pengukuran ph setiap penambahan 1 ml titran kedalam larutan sampel. Hal ini dilakukan untuk pembuatan grafik tittrasi.

Keuntungan menggunakan PSBK dalam praktikum ini adalah memudahkan dalam mencatat data hasil percobaan sehingga siswa bisa fokus untuk mengamati reaksi kimia yang terjadi. Keuntungan lainnya adalah dengan menggunakan PSBK memungkinkan untuk membuat grafik hasil titrasi, hal yang selama ini hanya bisa dilakukan melalui perhitungan menjadi terlihat nyata karena grafik bisa langsung muncul ssaat percobaan. Selain itu pengukuran Ph langsung melalui sensor dapat mempermudah dalam memperkirakan titik akhir titrasi. melalui grafik dan data yang diperoleh kita dapat menentukan titik ekivalen yang biasanya tidak terlihat dalam proses titrasi biasa. Seperti kita ketahui bahwa titik ekivalen titrasi asam basa berada sekitar Ph 7, maka bila semakin mendekati titik ekivalen siswa dapat lebiih berhati hati agar titik akhir titrasi tidak terlewati dan pengamatan volume bisa lebih maksimal.

...baca selengkapnya

11-Jan-2017
Pelatihan Penerapan Alat Percobaan Sains Berbasis Komputer di Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tana Tidung.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung mengapresiasi pelatihan ini karena selain memberikan pelatihan, tim Pudak Scientific juga mendorong para guru untuk membangkitkan kreatifitasnya dalam membuat aktivitas percobaan sendiri menggunakan alat-alat PSBK.

...baca selengkapnya

19-Apr-2016
Perhatian Dinas Pendidikan Cianjur untuk Guru SD di Daerahnya

Selain memberikan bantuan, guru-guru juga diberikan pelatihan cara menggunakan alat.

...baca selengkapnya

18-Apr-2016
VinciLab, Piranti Antarmuka dan Data-Logger untuk Percobaan Sains (Fisika, Kimia, dan Biologi).

Temukan apa yang anda cari untuk kemudahan dalam percobaan sains.

 

...baca selengkapnya

07-Apr-2016
Menggunakan Alat Ini Percobaan Sains Bisa Dilakukan Dimanapun?

Layar sentuh kapasitif mungkin hal yang biasa di jaman sekarang, tapi software yang digunakan lebih dari cukup untuk pengambilan data dan pengolahannya. Lupakan laporan praktikum dengan analisis matematis yang membutuhkan berlembar-lembar kertas!

...baca selengkapnya

16-Dec-2015
Tutup tahun 2015 Bengkulu Bersiap Menggunakan PSBK

Pada tutup tahun 2015, 19 sekolah terpilih di lingkungan Propinsi Bengkulu memperoleh bantuan berupa alat Percobaan Sains Berbasis Komputer dan berbagai alat pendukung untuk percobaan Fisika, Biologi, dan Kimia. Ditengah jadwal pelatihan yang sempit, sangat terasa antusiasme guru-guru peserta pelatihan yang bersemangat untuk mencoba menggunakan alat PSBK di sekolahnya masing-masing.

...baca selengkapnya

25-Oct-2015
Antusiasme Guru Biologi dalam Melakukan Percobaan Menggunakan Komputer - 24 Oktober 2015

"Jadi dari kurva denyut jantung ini kita bisa melihat Pak, apakah seseorang mengalami permasalahan dengan jantung atau tidak.", seru salah seorang guru Biologi dari salah satu SMP negeri di Bandung.

Keberadaan peralatan canggih di rumah sakit kini tidak lagi menjadi hal yang mengherankan bagi guru, setelah mencoba menggunakan komputer untuk aktivitas percobaan biologi. Inilah salah satu workshop yang memberikan pengalaman berbeda dalam melakukan percobaan sains, tidak hanya biologi tapi juga topik lainnya seperti Fisika dan Kimia.

...baca selengkapnya

02-Oct-2015
Pudak Scientific pada Pameran GESS 2015

Pada pameran kali ini Pudak beserta partner dari luar negri turut berperan serta memamerkan alat peraga buatan Indonesia, dan beberapa perusahaan partner dari luar negri. Tim Pudak Scientific juga mengisi konferensi yang dipenuhi berbagai peserta yang kebanyakan datang dari institusi pendidikan.

...baca selengkapnya

14-Sep-2015
Pamerkan alat di GESS Indonesia 2015, Pudak Scientific akan datangkan Mitra dari Luar Negri.

Kali ini Pudak tidak berdiri sendiri, namun berkolaborasi dengan beberapa mitra dari berbagai negara - di antaranya CMA (Center for Microcomputer Application) dari Belanda, leXsolar dari Jerman, Gakken Holdings dari Jepang, Ren An dari Taiwan, dan Intellect dari Thailand – Pudak Scientific akan memamerkan berbagai produk alat peraga pendidikan untuk sekolah dasar hingga perguruan tinggi, serta sekolah kejuruan di Stand B10 “Pudak Scientific”, Cendrawasih Hall, JCC. Jl. Jendral Gatot Subroto, Senayan, Jakarta; tanggal 30 September 2015 – 2 Oktober 2015; pukul 09.00 - 17.00 WIB

...baca selengkapnya

24-Aug-2015
Antusiasme Guru dalam Pelatihan Penerapan Media dan Teknologi Pada Eksperimen IPA SD (22 agustus 2015)

Sabtu, 22 Agustus 2015 Pudak Scientific kembali melaksanakan pelatihan bertema Teknologi Sains, dengan judul Pelatihan Penerapan Media dan Teknologi Pada Eksperimen IPA SD. Pelatihan ini diikuti oleh 15 orang guru dari 4 sekolah tingkat SD institusi berbeda dengan konsentrasi pada topik percobaan IPA SD. Dalam pelatihan ini guru-guru mencoba menggunakan berbagai jenis alat peraga untuk pembelajaran IPA di tingkat SD.

...baca selengkapnya

First | Previous | Next | Last